Kamis, 15 November 2012

Pembunuh Ganas Perempuan Indonesia ke-2 : Penyakit Kanker Payudara (Breast Cancer)


Bukan perampok ganas, pembunuh berdarah dingin, Rajatega, dll yang menghantui kematian perempuan Indonesia. Namun “Hantu ganas” tersebut wujudnya adalah sebuah penyakit yang dikenal dengan sebutan Kanker Payudara (Breast Cancer). Sudah begitu banyak perempuan dinegeri ini tumbang olehnya, dan sampai sekarang kiprahnya tidak terhenti, namun terus merengsek tubuh perempuan Indonesia. Tidak bisakah dicegah? Mengapa demikian?
Kanker Payudara (Breast Cancer/ Carcinoma mammae) merupakan penyakit dalam tubuh akibat pertumbuhan berlebih atau sebuah perkembangan liar dari sel-sel pada payudara,  Perlu ditegaskan pula bahwa penyakit ini tidak hanya menyerang pada perempuan saja namun menyerang pria dan waria sekalipun.  Perbandingan 1 di antara 1000 antara penderita pria dan perempuan.
Yang banyak dipertanyakan oleh orang adalah apa yang menyebabkan penyakit Kanker Payudara ini. Sampai kini memang belum diketahui penyebab pastinya kanker ganas ini, namun beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain:
Penggunaan produk modern yang berbahaya sejak bayi, antara lain pampers dan pembalut perempuan yang dibuat dari bahan kertas bekas yang mengandung Zat dioksin yang bisa langsung masuk ke dalam rahim dan masuk ke dalam pembuluh darah bisa menghancurkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kadar anti oxidan di dalam tubuh. Kejadian ini  bisa menyebabkan munculnya penyakit kanker, termasuk kanker payudara. (cek bakarlah pampers bayi dan pembalut perempuan, maka baunya adalah kertas terbakar).
Pemakaian obat-obatan yang bisa memicu seperti therapy obat hormon pengganti {hormone replacement therapy (HRT)} seperti Hormon eksogen. Selain itu penderita yang sering menghadapi stress (goncangan jiwa) rawan juga, hal ini hasil penelitian.
Faktor yang lain diduga sebagai pemicu adalah situasi perempuan yang tidak menikah, atau menikah namun belum mempunyai anak, atau juga perempuan yang melahirkan anak pertama diatas usia 35 tahun, sehingga tidak mengalami proses menyusui anak.
Perkembangan penyakit ini diTandai dengan Gejala  seperti: penderita merasakan ada benjolan liar dan aneh pada jaringan payudara, seperti  salah satu payudara tampak lebih besar.  Benjolan tersebut  umumnya tidak terasa sakit.  Pada saat benjolan membesar, barulah terasa sakit pada saat ditekan.
Puting susu yang mengalami pengkerutan kedalam, warna merah muda berubah jadi kecoklatan, atau adanya oedema (bengkak) disekitar putting.  Hal yang lain seperti sering keluar cairan dari puting susu saat tidak sedang menyusui bayi. Hal yang demikian merupakan salah satu tanda nyata kanker payudara, sehingga segera periksakan kedokter ahli.
Untuk melakukan diagnosa  kepastian adanya penyakit kanker payudara dilakukan  dengan cara pengambilan sample jaringan dari sel payudara yang mengalami kelainan/ pembenjolan tersebut. Cara ini untuk memastikan apakah jenis pertumbuhan sel bersifat tumor jinak atau tumor ganas (kanker).
Dua type penyakit kanker payudara dapat diketahui melalui pemeriksaan mammograms, yaitu :
  1. non invasive, terjadi pada kantung (tube) susu dan puting payudara (ductal carcinoma in situ’ (DCIS), kanker belum menyebar pada bagian luar jaringan kantung susu.
  2. invasive, kanker telah menyebar keluar bagian kantung susu dan menyerang jaringan sekitarnya seperti kelenjar lympa dan lainnya melalui peredaran darah.
Pencegahan Penyakit Kanker Payudara
Segera memeriksakan ke dokter jangan sampai terlambat bila ada pembesaran sebelah, ada benjolan di payudara, nyeri pada puting susu dll.
Hindari kegemukan, dengan mengurangi makan yang berlemak, banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C, Olahraga teratur, dan Check-up payudara secara rutin.
Pergunakanalah produk seperti pampers dan produk pembalut yang sehat dan tidak mengandung racun. Seperti produk-produk herbal yang sudah semakin banyak dipasaran. Terima kasih, ingat untuk selalu menjaga kesehatan badan dengan menata pola makan, pola tidur, pola hidup! semoga manfaat.

Berkenan Baca Yang Lain, Silahkan!!

20 responses to “Pembunuh Ganas Perempuan Indonesia ke-2 : Penyakit Kanker Payudara (Breast Cancer)”

  1. Blue
    Penyakit Ini mmg menakutkan, Kasusnya sdh banyak terjadi diberbagai negara & menyebabkan kematian wanita diusia muda. Thanks infonya bos
  2. 2R
    Mantafffph mas ulasannya, makasih ya
  3. yos
    saya sendiri sangat takut tiap mendengar kata kanker…
  4. Rumus Cepat Matematika
    makasih banyak mas infonya…
    bermanfaat banget…
  5. Omiyan
    mungkin buat para pria kalau meremas musti hati-hati kali ya pak …heheheheh
    salam
  6. Ceritaeka
    Wah pak, ma kasih tulisannya.
    Peduli dgn kesehatan wanita :)
  7. hanifilham
    wah2… mematikan yah, harus waspada setidaknya sejak dini…
  8. ralarash
    wah harus waspada nih..
    tapi alhamdulillah udah di cek dokter, dan sehat2…
    thx udah share yah..:)
  9. yangputri
    wah kudu harus hati hati tuh ya pak…. bahaya juga itu penyakit….
  10. shalimow
    YangP: yayaya, pengalaman keluarga yang kena memang memilukan….
    Ralarash: sama-sama, smoga sehat smua
    Hanif: ya mas, waspada lebih utama daripada………..
    Eka: thanks mbak, perempuan perlu untuk diperhatikan oleh semua
    Omiyan: makaci ya pak kunjungannya
    YOS: makaci ya yos telah mampir
    Rumus: makaci ya kunjungannya
    2R: makaci ya bos, memang kita perlu waspada selalu
    Blue: sama-sama mas, sukses ya
  11. mesin kasir
    ngeri yah, semoga terhindar dari kita semua
  12. arieff
    wuidih serem banget..lum ada software sistem pakar buat deteksi kanker payudara yaa..semoga ada solusinya..
  13. selly
    setelah baca artikel ini jadi cepet2 pgn ke dokter buat cek up..
    trimakasih untuk sudah diingatkan.
  14. selly
    harus semaikn berhati-hati..
    serem juga.
  15. zakki
    hati2 sama penyakit ini, tp kita bisa menghindari kok dengan gaya hidup sehat
  16. obat herbal XAMthon
    bener tuh gan…bahaya banget penyakit kanker payudara….tapi bisa di obati…salah satu nya dengan metode herbal….ada ko obat nya…klik aja disini….
  17. Science Computers
    trimakasih infonya om…saya liat di pacar2 saya dulu yach
  18. about healty
    wah sama2 diskusi masalah kesehatan…sip deh
  19. Obat penyakit jantung
    penyakit ini memang menakutkan, kami menjual produk herbal penumpas segala kanker, silahkan kunjungi blog kami. :D
  20. WARNI
    ASLAM.,..Mkacih infox…
    0ya,,mw minta toLong nih,..ada 9a` data statistiknya dari tahun 2008-2011 di indo,…apa trJadi pn9kTan tW pNurunn???
    mKacih sBLumx,….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar